Tujuh Peran Penting Informasi Teknologi (IT) untuk Dunia Pendidikan

Tujuh Peran Penting Informasi Teknologi (IT) untuk Dunia Pendidikan

Dari beberapa referensi yang saya baca, dapat dirumuskan pentingnya peran IT dalam dunia pendidikan sebagai berikut:

1. Setelah Tuhan, IT merupakan sumber dari ilmu pengetahuan. Hal ini terjadi karena komputer telah berhasil menjadi ”alat perekam cerdas” yang mampu menampung semua informasi yang diberikan oleh pengguna dari seluruh dunia. Jadi setiap kita menulis sesuatu di internet, maka komputer server utama – (yang kita nggak pernah tahu dimana tempatnya = sebagai ilustrasi silahkan nonton film-nya Bruce Willis terakhir ”Die Hard- 4”) – akan merekam seluruh informasi yang diberikan. Jadi tidak aneh jika kita Googling dengan key-in bahasa Jawa-pun dia bisa mendapatkan data yang berhubungan dengan apa yang kita cari. Intinya semakin kita sering key-in semakin komputer pintar.

2. IT digunakan sebagai alat bantu penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Kenyataan ini terjadi karena pada saat ini para instruktur di berbagai belahan dunia telah dan terus menerus mengaplikasikan penggunaan IT sebagai bagian integral alins dan alongins di dunia pendidikan. Penggunaan IT ini telah dikemas dalam kurikulum pendidikan sehingga dalam prakteknya harus dilaksanakan. Alasan utama mengapa IT digunakan sebagai alat bantu belajar mengajar karena kemampuannya untuk dapat menyajikan visualisasi dan grafis bahkan menjembatani komunikasi antara komponen pendidikan secara efektif dan efisien baik didalam maupun diluar kelas, tanpa ada batasan ruang dan waktu.

3. IT dijadikan salah satu prasarat komponen manajemen pendidikan modern. Pemahaman ini diambil dari wacana bahwa semua unsur terkait atau stake holder (instruktur, manajer, pimpinan, siswa, pendukung pendidikan) dalam dunia pendidikan harus memahami dan mempunyai ketrampilan pemanfaatan IT. Banyak institusi yang telah mensyaratkan personil-nya baik untuk rekruitmen maupun yang sudah staf agar memiliki tingkat kompetensi tertentu dalam menggunakan peralatan berbasis IT.

4. IT mampu mentransformasikan data dalam bentuk digital, audio visual, simulasi, gerak, dan realitas maya tergantung dari kemampuan sumber daya alat dan konsep pendidikan yang diinginkan. Sehingga pada saat ini telah ada konsep manajemen kelas virtual semacam Learning Management System (LMS), materi-materi elektronik; fasilitas e-learning, e- library, e-office, distance learning. Secara fisik data di transformasikan kedalam bentuk digital.

5. IT bagi sebuah institusi pendidikan dijadikan alat untuk melaksanakan fungsi manajemen pendidikan yang mampu merencanakan, mengelola, melaksanakan fungsi pendidikan, pengkajian, evaluasi dan pengembangan. Pengelolaan ini dapat dilaksanakan melalui program LMS, blackboard, webwiz dst. Seorang manajer pendidikan mampu mengelola daftar hadir siswa, merekam proses belajar, memberikan penugasan, memberi dan menerima materi ajaran, mengirimkan materi evaluasi pendidikan, melaksanakan bimbingan dan pengasuhan. Di dunia perdagangan IT digunakan untuk sistem dagang elektronis semacam program EBAY, atau yang lain.

6. Kemampuan aplikasi IT yang sudah dapat digunakan untuk menganalisa kinerja suatu institusi seperti kita kenal; Executive Information System, Decision Support System, Expert System, Management Information System. Hal ini membuat analisa kinerja institusi pendidikan menjadi lebih mudah; contohnya adalah kemampuan anggota dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh satuan atas dapat dimonitor secara langsung apakah tugas terbsebut sudah dilaksanakan, dalam proses, atau idle. Sehingga hal ini akan memudahkan prosedur pengawasan dan pengendalian komandan.

7. IT sebagai budaya. Kenyataan ini muncul sebagai akumulasi dari keenam peran diatas, mendasari pola kerja dan kinerja satuan yang sudah menggunakan dan mengembangkan IT di lingkungan kerjanya. IT merupakan tuntutan menajemen institusi modern, mau tidak mau IT harus ada, digunakan, dan dikembangkan. IT adalah KEHARUSAN.

Demikian ulasan kali ini semoga bermanfaat.

Salam dari BIP bandung,

PS. (Penting Sekali)

Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

4 Responses to Tujuh Peran Penting Informasi Teknologi (IT) untuk Dunia Pendidikan

  1. Hello, Tahapan apa saja yang harus di ambil dlm pengajaran bahasa menggunakan IT.

  2. RoseN says:

    Terima kasih,
    Setelah ini saya tulis tahapan penggunaan IT untuk pengajaran yach. Terus bagaimana menurut Ulin tahapan IT untuk pendidikan? Kita berada dimana?
    Thanks

  3. Hehe, mungkin di nomer 2 kali ye..
    Sy punya pemikiran (tp sepertinya sudah dilaksanakan, sy nya yg kuper), tiap unit di Textbook “wajib” itu kan bisa di sisipin materi yg lbh inovasi. Misalnya, Unit 1: Greeting, nah siswa kan bisa saling memperkenalkan diri dg fasilitas komputer, begitu juga topik2 lain, bisa cari bahan dr internet, seperti Collaborative learning yg di canangkan oleh… siapa ya??? Hehehe

  4. Krisna says:

    Bang,… kira-kira kita butuh waktu berapa lama utk mewujudkan IT kita pada level standar sebuah IT yang bisa digunakan di sebuah instansi pendidikan.

Leave a comment